ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI DAN PERILAKU TIDAK ETIS

(STUDI KASUS PADA SKPD DI KABUPATEN KEEROM)

  • Agung Irjayanto Hasanudin
  • Bill J.C Pangayow
Keywords: keefektifan pengendalian internal, ketaatan aturan akuntansi, kesesuaian kompensasi, kecenderungan kecurangan akuntansi, perilaku tidak etis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecenderungan kecurangan akuntansi dan perilaku tidak etis para pegawai pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Keerom. Penelitian ini dilakukan pada beberapa SKPD Pemerintah Kabupaten Keerom. Sampel penelitian ini berjumlah 53 pegawai, pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dengan memberi pernyataan tertulis mengenai keefektifan pengendalian internal, ketaatan aturan akuntansi, kesesuaian kompensasi, kecenderungan kecurangan akuntansi, dan perilaku tidak etis kepada responden dan dijawab dengan menggunakan skala likert. Tekhnik analisis data menggunakan uji valditas, uji realibiltas, uji multikonearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis menggunakan program SPSS versi 17.00 For Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) keefektifan pengendalian internal berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi di SKPD Kabupaten Keerom, (2) keefektifan pengendalian internal berpengaruh terhadap perilaku tidak etis di SKPD Kabupaten Keerom, (3) ketaatan aturan akuntansi berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi pada SKPD di Kabupaten Keerom, (4) ketaatan aturan akuntansi berpengaruh terhadap perilaku tidak etis pada SKPD di Kabupaten Keerom, (5) kesesuaian kompensasi tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi pada SKPD di Kabupaten Keerom, (6) kesesuaian kompensasi tidak berpengaruh terhadap perilaku tidak etis pada SKPD di Kabupaten Keerom.

References

Ananda, Aprishella.2014. Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal dan Kepuasan Kerja Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Adelin, Vani;Eka Fauzi, Hardani.2012.Pengaruh Pengendalian Internal, Ketaatan pada Aturan Akuntansi dan Kecenderungan Kecurangan Terhadap Perilaku Tidak Etis.

Bintang Papua.2014. Laporan Keuangan Pemda Keerom mendapat Opini Disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Papua.

Fauwzi, M.Glifandi Hari.2011. Analisis Pengaruh Keefektifanh Penegendalian Internal, Persepsi Kesesuain Kompensasi, Moralitas Manajemen Terhadap Perilaku Tidak Etis dan Kecenderungan Kecurangan Akuntansi.Skripsi. Univeristas Diponegoro Semarang.

Kusumastuti, Nur Ratri.2011. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi dengan Perilaku Tidak Etis Sebagai Variabel Intervening. Skripsi: Universitas Diponegoro.

Metro Tv News.2012. Kasus korupsi dana APBD Perubahan Kabupaten Keerom yang melibatkan oknum PNS dan juga Mantan Plt Sekwan Kabupaten Keerom.

Ni Luh Eka Artini,dkk.2014. Pengaruh Budaya Etis Organisasi dan Efektivitas Pengendalian Internal terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi pada Satuan Keja Peranagkat Daerah (SKPD) Kabupaten Jembrana.Jurnal Akuntansi.Universitas Pendidikan Gahesha Singaraja Indonesia.

Sari, Purnama, Putu, Luh, Ni;Yuniarta, Adi, Gede; Adiputra, Pradana, Made ,I.2015. Pengaruh Efektifitas Pengendalian Internal ,Ktaatan Aturan Akuntansi, Persepsi Kesesuaian Kompensasi dan Implementasi Good Governance terhadap Kecenderungan (Studi empiris pada SKPD di Kabupaten Tabanan).Jurnal Akuntansi. Universitas Pendidikan Ganesha.

Shintadevi, farizka, prekanida.2015.Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal,Ketaatan Aturan Akuntansi dan Kesesuain Kompensasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi dengan Perilaku Tidak Etis sebagai Variabel Intervening.Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.

Suwardi, eko ; Puspasari, Novita.2012. Pengaruh Moralitas Individu dan Pengendalian Internal Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi: Studi Eksperimen pada Konteks Pemerintahan Daerah.Universitas Gadjah Mada.

Syamsi, Dinul, dkk.Pengaruh Sistem Pengendalian Internal,Kesesuaian Kompensasi,Asimetri Informasi dan Ketaatan Aturan Akuntansi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi.Jurnal Akuntansi.Universitas Bung Hatta

Thoyibatun, Siti.2009. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Tidak Etis dan Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Keuangan.

Tiara, devi ,dkk.2014. Pengaruh Efektifitas Pengendalian Internal dan Kesesuaian Kompensasi terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi(survey pada Perusahaan BUMN Cabang Pekanbaru).SNA 17 Mataram.Universitas Riau.

Wilopo. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kecenderungaan Kecurangan Akuntansi.Padang : Simposium Nasional Akuntansi 9 padang.

Zainal, Rizki.2013. Pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern, Asimetri Informasi, dan Kesesuain Kompensasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi.Artikel.Universitas Negeri Padang.

Published
2016-05-01
How to Cite
Hasanudin, A., & Pangayow, B. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI DAN PERILAKU TIDAK ETIS. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 11(1), 1-12. Retrieved from http://ejournal.akuntansiuncen.ac.id/index.php/JurnalAkuntansiUncen/article/view/10

Most read articles by the same author(s)