PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), CORPORATE IMAGE, DAN KEPUTUSAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH

  • Ahmad Faqihudin UNCEN
  • Meinarni Asnawi UNCEN
  • Bill J. C. Pangayow UNCEN
Keywords: corporate social responsibility (CSR), corporate image, customer satisfaction and customer loyalty.

Abstract

This study aims to examine the influence of corporate social responsibility (CSR) implementation,
corporate image, and customer satisfaction, on customer loyalty. Variables independent were used in
this study namely Corporate Social Responsibility (CSR), corporate image, and customer satisfaction.
, as well as one dependent variable of customer loyalty.
Customers of PT Bank Rakyat Indonesia Jayapura are used as the population in this study. The
convenience sampling with a sample of 30 respondents is the technique of sampling method in this
study. This study uses a double linear regression analysis to analyses data. The analysis tool used is
SPSS version 23.
The results of this research demonstrate the implementation of Corporate Social Responsibility (CSR)
has positively and significantly affects customer loyalty. Corporate Image has a positive and
significant impact on customer loyalty. And customer satisfaction has a positive but does no
significant impact on customer loyalty.

References

A.B. Susanto, (2009), Reputation-Driven Corporate Social Responsibility, Jakarta: Esensi.
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmojo, Agung Purwo. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah dan Atribut Produk
Islam terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada BNI Syariah Cabang semarang). Skripsi.
Dipublikasikan (Online). Semarang: Universitas Diponegoro, Fakultas Ekonomi, Jurusan
Manajemen. (http://eprints.undip.ac.id/26399/1/skirpsi_komplit.pdf, Diakses 12 Mei 2015).
Badroen, Faisal, et al. 2006. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana
Bank Rakyat Indonesia, (2014), CSR BRI, (http://csr.bri.co.id/tentang/)
Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis Dengan SPSS. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS
Regresi. Semarang: Badan Penerbit Undip, edisi ke-7.
Griffin, Jill. Tanpa Tahun. Costumer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan
Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. 2005. Jakarta: Erlangga
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Husein, Umar. 2003. Metode Penelitian untuk skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama, hlm.114.
Khaeril, dkk. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan, Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap
Corporate Image serta Implikasinya terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah di
PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Makasar. Jurnal UNHAS, (Online),
(http://pasca.unhas.ac.id/ jurnal/files/b3b1daf1d96c9d1f3454a0478ef87480.pdf, diakses 14
Desember 2014).
Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Krismanto, Adi. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah (Studi Kasus
pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Semarang Pattimura). Tesis. Dipublikasikan
(Online). Semarang: Universitas Diponogoro, Program Studi Magister Manajemen.
(http://eprints.undip.ac.id/16154/1/Adi_Krismanto.pdf, diakses 12 Mei 2015).
Muhadjirl dan Gita Fitri Q. 2011. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility terhadap
Presepsi Nasabah Bank dan Dampaknya terhadap Corporate Image. Journal the Winners,
(Online), Vol. 12, No. 2, 180-195, (http://library.binus.ac.id/eColls/eJournal/06%20-
%20Muhadjir.pdf, diakses 16 Mei 2015).
Nifita, Ade Titi., 2010. Pengaruh Citra BCA terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan BCA Cabang
Jambi. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, (Online), ISSN: 2085-0972, Vol. 2, No. 2,
158-169, (http://online.journal.unja.ac.id/index.php/pemasaran/article/view/128/111, diakses
7 Desember 2014).
Prasetya, Fanny Eka. 2010. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Lifebuoy Berbagi
Sehat terhadap Loyalitas Konsumen dan Citra Perusahaan Unilever Indonesia (Studi
Kasus di Kota Bogor). Skripsi. Dipublikasikan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Putro, Rizki F. K. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan
Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Pemediasi (Studi pada Pelanggan Fixed-Wire Phone
di Surakarta). Skripsi. Dipublikasikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, Jurusan
Manajemn, Fakultas Ekonomi. (http://core.ac.uk/download/ pdf/12351975.pdf, diakses 22
Juli 2015).
Rahmasari, Deviana. 2012. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility terhadap Loyalitas
Nasabah dengan Citra Perbankan dan Sikap Nasabah sebagai Variabel Intervening (Kasus
pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Abang Bantul). Skripsi. Dipublikasikan.
Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi,
(http://eprints.uny.ac.id/8677/, diakses 7 Desember 2014).
Rohmah, As‟adatur. 2013. Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Loyalitas
Nasabah LKI Buana Kartika Mranggen. Skripsi. Dipublikasikan. Semarang: Institut AgamaIslam Negeri Walisongo, Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Syari‟ah,
(http://eprints.walisongo.ac. id/1794/, diakses 22 Oktober 2014).
Saputra, Falla Ilhami 2013. Kualitas Layanan, Kepercayaan, Komitmen dan Promosi Melalui
Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Bank BNI 46 Sentra Kredit Kecil Surabaya).
Jurnal Aplikasi Manajemen, (Online), Vol. 11 No. 3 hal 445-457
(http://download.portalgaruda.org/article.php?artice=254217&val=6848, diakses 14 Febuari
2014).
Saputri, Nurmaya. 2010. Analisis Corporate Social Responsibility sebagai Pembentuk Citra
Perusahaan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan PT Fast Food Indonesia di Kota
Semarang. Skripsi. Dipublikasikan (Online). Semarang: Universitas Diponogoro, Fakultas
Ekonomi. (http://eprints.undip.ac.id/22462/, diakses 12 Desember 2015).
Sari, Syariah dkk. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Kepuasan
Nasabah dan Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk Makasar. Jurnal
UNHAS, (Online), (http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/8e4149edc45cd57dc.pdf, diakses 14
Desember 2014).
Sekaran, Umar. 2006. Research Methods for Business (Metodologi Penelitian untuk Bisnis).
Jakarta: Salaemba Empat.
Seravina, Marisa. 2008. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap
Loyalitas Nasabah Tabungan Britama (Studi Kasus pada Nasabah PT. Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor). Skripsi. Dipublikasikan. Bogor: Institut Pertanian
Bogor, Fakultas Ekonomi dan Manajemen,
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta, hlm. 7.
Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sutisna. 2001. Perilaku dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.
Suwandi, Imam Mulyana Dwi. 2011. Citra Perusahaan. Seri Manajemen Pemasaran, www.eimam.uni.acc, (https://oeconomicus.files.wordpress. com/2007/07/citra-perusahaan.pdf,
diakases 21 Mei 2015).
Usi, Usmara. 2008. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books, hlm.122.
Wahyuni, Isti. 2008. Pengaruh Sistem Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah BMT
Mitra Usaha Mulia Tempel Sleman. Skripsi. Dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah, (http://digilib.uinsuka.ac.id/1591/1/BAB%20I%20BAB%20IV%20DAFTAR%20PUST AKA.pdf, diakses 17
Desember 2014).
Widjaja, Gunawan dan Yeremia Ardi Pratama. 2008. Risiko Hukum&Bisnis Perusahaan Tanpa CSR.
Jakarta: Forum Sahabat.
Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep & Aplikasi CSR Corporate Social
Responsibility.Gresik: Fascho Publishing.
Published
2020-05-28
How to Cite
Faqihudin, A., Asnawi, M., & Pangayow, B. (2020). PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), CORPORATE IMAGE, DAN KEPUTUSAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 15(1), 67-76. Retrieved from http://ejournal.akuntansiuncen.ac.id/index.php/JurnalAkuntansiUncen/article/view/134

Most read articles by the same author(s)