PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN, OMSET, PEMERIKSAAN, SANKSI, RELASI SOSIAL, DAN PERSAINGAN USAHA TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK RESTORAN

  • Ramadhan S S Manafe UNCEN
  • Aaron M. A. Simanjuntak UNCEN
  • Hastutie Noor Andriati UNCEN
Keywords: turnover, sanctions, social relations, fulfillment of taxation obligation, restaurants.

Abstract

The research aims to determine the factors that influence the taxpayer compliance with the restaurant
in Jayapura in fulfilling its obligations to deposit the restaurant tax. Factors used among others:
Regulatory understanding, turnover, investigations, sanctions, social relations, and business
competition. The number of respondents used in this study is 100 mandatory the registered restaurant
tax at Jayapura's regional revenue Service. Techniques the analysis used is a double linear regression
technique. The results showed that the regulatory understanding factors, of income/turnover,
significantly affect the taxpayer's compliance Restaurant. While the sanctions, investigations, social
relations, and business competition factors Taxpayer compliance with the restaurant in Jayapura City.

References

Adiningrat, A. A., Subhan, & Nur, M. (2017). Analisis Kontribusi Pemungutan Pajak Hotel dan
Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah di DISPENDA Kota Makassar. Perspektif.
Arviana, N., & Sadjiarto, A. (2014). Pengaruh Pemahaman Peraturan, Omset, Pemeriksaan, Sanksi,
Relasi sosial, dan Persaingan Usaha Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran di Mojokerto
Tahun 2014. Tax & Accounting Review.
Aryobimo, P. T., & Cahyonowati, N. (2012). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak tentang Kualitas
Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kondisi Keuangan Wajib Pajak dan
Preferensi Risiko sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang
Pribadi di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Accounting, 1(2), 1–12.
Bobek, D. D., Hageman, A. M., & Hatfield, R. C. (2010). The Role of Client Advocacy in the
Development of Tax Professionals’ Advice. The Journal of the American Taxation Association.
https://doi.org/10.2308/jata.2010.32.1.25
Bobek, D. D., & Hatfield, R. C. (2008). An Investigation of the Theory of Planned Behavior and the
Role of Moral Obligation in Tax Compliance. Behavioral Research in Accounting.
https://doi.org/10.2308/bria.2003.15.1.13
Dwiastari, I. (2017). Pengaruh Pemahaman Peraturan, Omset, Sanksi, dan Relasi Sosial terhadap
Kepatuhan Wajib Pajak.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Hardiningsih, P., & Yulianawati, N. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar
Pajak. Dinamika Keuangan Dan Perbankan. https://doi.org/ISSN: 1979-4878
Jatmiko, A. N. (2006). Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan
Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak ( Studi Empiris Terhadap
Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang ). Tesis.
Jaya, I. B. M., & Jati, I. K. (2016). Pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaaan dan Sanksi
Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Restoran. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
KBBI. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online - definisi kata. Potensi.
https://doi.org/kamus
Kumalayani, P. A., Sukarsa, M., & Yasa, I. N. M. (2016a). Kebijakan Dan Kemudahan Administrasi
Pajak terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Hotel dan Restoran di Kabupaten Badung, 5, 1171–
1196.
Kumalayani, P. A., Sukarsa, M., & Yasa, I. N. M. (2016b). KEBIJAKAN DAN
KEMUDAHAN ADMINISTRASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK
HOTEL DAN RESTORAN DI KABUPATEN BADUNG Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Kesejahteraan rakyat menjadi fokus pemerintah
dalammenyelenggar, 5, 1171–1196.
Mardiasmo. (2009). Pengaruh Pelaksanaan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak
Badan Berdasarkan Persepsi Pemeriksaan Pajak dan Wajib Pajak (Studi Kasus pada KPP
Pratama Bandung Cicadas).
Muliari, N. K., & Setiawan, P. E. (2011). Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan Dan
Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis.
https://doi.org/23031018
Nugroho, A. (2012). Analisis pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli
daerah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah Periode 2010-2012. Jurnal Akuntansi.
Nurlaela, S. (2014). Pengaruh pengetahuan dan pemahaman, kesadaran, persepsi terhadap kemauan
membayar pajak wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Jurnal Paradigma.
Nurmantu, safri. (2010). Pengantar perpajakan. In Pengantar Perpajakan.
Oroh, N. D. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi WP Restoran Melaporkan Kewajiban
Perpajakan Di Minahasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan
Akuntansi, 1(3).
PERDA Kota Jayapura. (2012). Peraturan Daerah Tentang Pajak Daerah Kota Jayapura, 1–28.
Pratama, R. P., Saifi, M., & ZA, Z. (2016). Efektivitas Penerimaan Pajak Restoran Dan Dalam
Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.
Priantara, D., & Supriyadi, B. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengusaha Kecil dan Mikro
Mendaftar Menjadi Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 13(2), 98–108.
Ratna sari, M. M., & Afriyanti, N. N. (2012). Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak dan Pemeriksaan
Pajak Terhadap Penerimaan PPH Pasal 25/29 Wajib Pajak Badan Pada KPP Pratama Denpasar
Timur. Jurnal Akuntansi.
Rizajayanti, diyan sulastika. (2017a). Pengaruh Pemahaman Peraturan, Omset, Kualitas Pelayanan,
dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Restoran di Kota
Pekanbaru).
Rizajayanti, diyan sulastika. (2017b). PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN, OMSET,
KUALITAS PELAYANAN, DAN SANKSI TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK
(Studi Kasus Pada Wajib Pajak Restoran di Kota Pekanbaru).
Sidik, M. (2002). Optimalisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Dalam Rangka Meningkatkan
Kemampuan Keuangan Daerah. Makalah Disampaikan Dalam Acara Orasi Ilmiah Dengan
Thema "Strategi Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah Melalui Penggalian Potensi
Daerah Dalam Rangka Otonomi Daerah ” Acara Wisuda XXI STIA LAN Bandung Tahun
Akademik 2001/2002.
Tjahyono, M. B. (2017). Bangun, Sadar, Ayo Berubah! Direktorat Jenderal Pajak
Kementrian Keuangan.
Trisnawati, M., & Sudirman, W. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
KEPATUHAN WAJIB PAJAK MEMBAYAR PAJAK HOTEL , PAJAK RESTORAN DAN
PAJAK HIBURAN DI KOTA DENPASAR Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ,
Bali , Indonesia Penerimaan pajak daerah salah satu sumber dana pemer, 12, 975– 1000.
Published
2020-05-28
How to Cite
Manafe, R., Simanjuntak, A., & Andriati, H. (2020). PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN, OMSET, PEMERIKSAAN, SANKSI, RELASI SOSIAL, DAN PERSAINGAN USAHA TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK RESTORAN. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 15(1), 77-91. Retrieved from http://ejournal.akuntansiuncen.ac.id/index.php/JurnalAkuntansiUncen/article/view/135