PENGARUH PEMERIKSAAN DAN PENAGIHAN PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK

(STUDI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA JAYAPURA)

  • Firdayani Firdayani
  • Paulus Kombo Allo Layuk
  • Theo Allo Layuk
Keywords: Pemeriksaan Pajak, Penagihan Pajak, Penerimaan Pajak

Abstract

Penerimaan pajak meliputi pemasukan pajak serta bea dan cukai, yang menjadi tulang punggung anggaran negara. Pencapaian target pajak dari tahun ke tahun masih belum memberikan hasil yang maksimal. Sebagai pihak yang terlibat langsung dalam pemungutan pajak petugas pajak (fiskus) menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak. Penagihan merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Dirjen Pajak untuk meningkatkan penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pemeriksaan pajak dan penagihan pajak terhadap penerimaan pajak. Variabel independen yang digunakan yaitu Pemeriksaan Pajak dan Penagihan Pajak, sedangkan variabel dependennya Penerimaan Pajak, Jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling yang terdiri dari 40 responden pada KPP Pratama Jayapura dan Kantor Wilayah DJP Papua dan Maluku yaitu para pegawai yang pernah di seksi pemeriksaan dan seksi penagihan. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan metode regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa Pemeriksaan Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penerimaan Pajak. Dan Penagihan Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak. Variabel yang paling dominan mempengaruhi penerimaan pajak adalah variabel pemeriksaan karena memiliki nilai standard coefficient beta sebesar 0,414.

References

Anastasia Meiliawati, W. (2013). Pengaruh Pemeriksaan dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pada KPP Pratama Kosambi. Ultima Accounting Vol 5. No.1. Juni 2013.

Anggraeni, I. (2016). Skripsi Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Persepsi Wajib Pajak Mengenai Penggelapan Pajak (Tax Evasion). Jayapura: Universitas Cenderawasih Fakultas Ekonomi.

Erwis, N. A. (2012). Skripsi Efektifitas Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak pada KPP Pratama Makassar Selatan. Makassar: Universitas Hasanuddin Fakultas Ekonomi.

Fahrul, A. (2016). Pengaruh Pemeriksaan dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddi Fakultas Ekonomi.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi Kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Pemerintah. (2000). Pemerintahan RI. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2000 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa. Jakarta.

Pemerintah. (2009). Pemerintahan RI. Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Jakarta.

Pemerintah. (2010). Pemerintahan RI. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 85/PMK.03/2010 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penagihan dengan Surat Paksa dan Pelaksanaan Penagihan Seketika dan Sekaligus. Jakarta.

Pemerintah. (2011). Pemerintahan RI. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 82/PMK.03/2011 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Pajak. Jakarta.

Pemerintah. (2011). Pemerintahan RI. Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-85/PJ/2011 tentang Kebijakan Pemeriksaan untuk Menguji Kepatuhan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan. Jakarta.

Pemerintah. (2011). Pemerintahan RI. Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-85/PJ/2011 tentang Kebijakan Pemeriksaan untuk Menguji Kepatuhan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan. Jakarta.

Pemerintah. (2012). Pemerintahan RI. Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-07/PJ/2012 tentang Rencana dan Strategi Pemeriksaan Tahun 2012. Jakarta.

Prof. Dr. Mardiasmo, M. A. (2013). Perpajakan Edisi Revisi, edisi XVII. Jogjakarta: CV ANDI OFFSET.

Prof. Dr. Mardiasmo, M. A. (2016). Perpajakan Edisi Terbaru 2016. Jakarta.

Pungkasawan, W. (2015). Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Penagihan Tunggakan Pajak Dengan Penerbitan Surat Teguran Dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak (Studi Kasus pada KPP Pratam Jember). Jember: Universitas Jember Fakultas Ekonomi.

Rahmat. (2016). Skripsi Pengaruh Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran dan Surat Paksa Terhadap Pencairan Tunggakan Pajak. Jayapura: Universitas Cenderawasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi.

Rahmawati, A. (2010). Skripsi Pengaruh Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Pada KPP Pratama Lima Jakarta tahun 2007-2008. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Fakultas Ekonomi.

Riyanto, S. F. (n.d.). Pengaruh Pemeriksaan Pajak dan Pelaksanaan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak (Survey pada KPP yang Terdaftar di DJP Kantor Wilayah Jawa Barat I).

Statistik, B. P. (2017, April 04). Realisasi Penerimaan Negara. Retrieved April 04, 2017 waktu akses 18.00 WIT, from Badan Pusat Statistik: http://papua.bps.go.id

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi Cetakan Ke Delapan. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, V. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suma, D. S. (2016). Skripsi Pengaruh Sunset Policy, taxAmnesty, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jayapura). Jayapura: Universitas Cenderawasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi.

Wijayanto, A. (2012). Pengaruh Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak (Study Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta). Naskah Publikasi.

Published
2018-05-27
How to Cite
Firdayani, F., Allo Layuk, P., & Allo Layuk, T. (2018). PENGARUH PEMERIKSAAN DAN PENAGIHAN PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 12(1), 24-38. Retrieved from http://ejournal.akuntansiuncen.ac.id/index.php/JurnalAkuntansiUncen/article/view/24