PENGARUH DESENTRALISASI DAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL

(Studi Kasus Di Perbankan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura)

  • Fitri Dwinarian
  • Meinarni Asnawi
  • Mariolin Sanggenafa
Keywords: pengaruh desentralisasi, sistem akuntansi manajemen, kinerja manajer

Abstract

Revolusi teknologi telah melanda segala aspek kehidupan manusia. Dalam dunia bisnis khususnya, revolusi teknologi tersebut menyebabkan perubahan yang luar biasa dalam persaingan, pemasaran dan pengolahan sumber daya manusia. Perusahaan dituntut untuk memanfaatkan semaksimal mungkin kemampuan yang dimiliki agar dapat memenangkan kompetisi dalam persaingan global. Desentralisasi adalah delegasi otoritas atau wewenang pengambilan keputusan kepada jajaran manajemen yang lebih rendah kedalam sebuah organisasi. Sistem akuntansi manajemen merupakan sistem formal yang dirancang untuk menyediakan informasi bagi manajer.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh desentraliasasi dan sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajer pada Perbankan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemimpin dan manajer Perbankan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Sampel penelitian ini sebanyak 52 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diukur dengan satuan score. Metode analisis yang digunakan regresi linear berganda setelah diuji dengan Model Asumsi klasik.
Hasil analisis menunjukan bahwa desentralisasi dan sistem akuntansi manajemen berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Manajemen sebaiknya menerapkan sistem akuntansi manajemen secara tepat mengingat tugas-tugas perusahaan semakin kompleks sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja perusahaan.

References

Budiyanto, E. T., Nasir, M., & Januarti, I. (2005, September 15-16). Pengujian Variabel-Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Ekspektasi Klien Dalam Audit Judgment. Simposium Nasional Akuntansi VIII .

Duwi. (2011, November 27). Analisis Regresi Linier Berganda. Retrieved Maret 12, 2017, from http://duwiconsultant.blogspot.co.id/2011/11/analisis-regresi-linier-berganda.html?m=1

Firmansyah, H. (2015). Pengaruh Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderating. Bandung.

Fuadah. (2015). Hubungan Antara Intensitas Persaingan Dengan Kinerja Organisasi Melalui Delegasi Kewenangan, Perubahan Sistem Pengendalian Akuntansi Manajemen.

Handayani, S., & Hariyati. (2014). Pengaruh Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi Manajemen : Broad Scope, Timeliness, Aggregated, dan Integrated Terhadap Kinerja Manajerial UMKM. Akrual Jurnal Akuntansi .

Handoko. (1997). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Jogyakarta. BPFE UGM .

Haryanti, H. (2016). Skripsi Pengaruh Budgetary Goal Characteristics Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Kecukupan Anggaran Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Pemoderasi.

Hasthoro, H. A. (2013). Sistem Akuntansi Manajemen. Retrieved Maret 28, 2017, from http://arwihasthoro.wordpress.com/2013/10/10/sistem-akuntansi-manajemen/

Lempes, Y., Ilat, V., & Sabijono, H. (2014). Desentralisasi dan Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajer pada PT. Sinar Galesong Prima Manado. Jurnal EMBA , 231-440.

Muclish, M. (2009). Tesis Pengaruah Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Kinerja Dalam Strategic Supply Relationship Dengan Kerjasama Sebagai Variabel Intervening.

Nazaruddin. (1998). Pengendalian intern, Sistem Akuntansi Manajemen, Kapasitas Sumber dari Berbagai Alternatif Aktifitas yang Dapat Dilakukan. Jurnal : Skripsi Universitas Abulyatama .

Nurhidayat, I. (2014, Januari 06). Contoh Proposal Akuntansi. Retrieved Maret 18, 2017, from http://israndecker.blogspot.co.id/2014/01/

Otley, D. T. (1980). The contingency theory of management accounting achievement and prognosis. Accounting, Organizations and Society , 413-428.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syam, F., & Maryasih, L. (2016). Sistem Akuntansi Manajemen, Persepsi Ketidakpastian Lingkungan, Desentralisasi, dan Kinerja Organisasi. Simposium Nasional Akuntansi IX , Padang.

Widodo, H., & Windi, C. (2011). Pengaruh Desentralisasi dan Karakter Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial. Seminar Nasional Ilmu Ekonomi Terapan .

Yazid, H. (2012). Pengaruh Ketidakpastian Tugas dan Desentralisasi terhadap Kinerja Manajerial Dengan Sistem Akuntansi Manajemen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi .

Published
2018-05-27
How to Cite
Dwinarian, F., Asnawi, M., & Sanggenafa, M. (2018). PENGARUH DESENTRALISASI DAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 12(1), 39-55. Retrieved from http://ejournal.akuntansiuncen.ac.id/index.php/JurnalAkuntansiUncen/article/view/25

Most read articles by the same author(s)