PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS , GROWTH DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Dan Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

  • Hasnia Hasnia
  • Siti Rofingatun
Keywords: Profitability, Liquidity, Growth, Media Exposure, CSR

Abstract

This study aims to determine whether the effects of profitability, liquidity, growth, and media exposure to Corporate Social Responsibility Disclosure. This study uses a quantitative approach to population studies that firms belonging to the manufacturing and service sectors listed in Indonesia Stock Exchange in 2013, 2014 and 2015. The research proves that the partial profitability, liquidity and growth has no effect on the disclosure of corporate social responsibility, while media exposure have a significant effect on the disclosure of corporate social responsibility. Simultaneously profitability, liquidity, growth and media exposure together have an effect on the disclosure of corporate social responsibility.
In this study the researchers conducted additional tests are different tests on the disclosure of social responsibility, which is to see whether there are differences between manufacturing and service companies related to the disclosure of social responsibility in revealing its social responsibility.

References

Ekowati, L., Prasetyono, & Anis. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. SNA 17 .

Fahrizqi, A. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Semarang. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang

Gunawan, B., & Suharti, S. U. (2008). Peranan Corporate Social Responsibilty dalam Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan volume 7, Nomor 2, September 2008 .

Kamil, A., & Antonius, H. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsility. ISSN 2088-2106 .

Kristi, A. A. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Publik di Indonesia. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Melati, P. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Study Empiris pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2012).

Nur, M. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan berkategori High Profile yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Nominal / Volume I Nomor I .

Putri, R. A., & Yulius, J. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Volume 2, Nomor 1.

Sari, R. A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Mominal Volume 1 Nomor 1 .

Sembiring, E. R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta . SNA VIII Solo .

Wijaya, M. (2012). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi-Vol 1, No.1

Published
2018-05-27
How to Cite
Hasnia, H., & Rofingatun, S. (2018). PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS , GROWTH DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 12(1), 56-71. Retrieved from http://ejournal.akuntansiuncen.ac.id/index.php/JurnalAkuntansiUncen/article/view/26